Walkie talkie / handy talkie (hasil diskusi)




artikel ini berisi tentang hasil diskusi lebih tepatnya tanya jawab (karena memang saya yang slalu mengalah,,ups..bertanya..)disalah satu komunitas internet terbesar diindonesia kaskus..karena sistem database mereka yg diharuskan update tiap hari..tidak ada salahnya jika saya meng-COPAS tulisan saya dengan maksud dan tujuan agar tidak lekang ditelan jaman :p oke sebagai awal saya memasukan tulisan saya disalah satu thread di kaskus yaitu orang awam (nobie)yg mencari/membutuhkan informasi tentang walkie talkie / handy talkie..itu loo yang biasa dipakai pak polisi buat contact sama markas dan kawan2nya yang lain..roger that!! :P

thread started by mongkipiggy (kaskuser)

(bantu)cari handy / walkie talkie yg ekonomis bwt contact2 dr toko kegudang gw...
all..bantu wa dong cari walkie talkie yg kecil2 aja, gw pernah liat orang pake merk Motorolla kecil pake baterai and bisa dicharge..bwt kebutuhan suplai barang antar toko kegudang gw "jarak udara" kira2 500 Mtr sampe 1 KM.

harga berapaan,cari dimana,lokasi gw dijakpus.kemayoran.,jgn sampe diatas 500an kalo ada...thanks before..


original posted by ojeg terminal (kaskus addict)

Saya coba bantu bos.

1. Jangan pake model Walky Talkie yang kecil (karce/motorola/apalah itu) karena power cuman 1 watt (max). Jika digunakan dalam lingkungan yang TIDAK ADA BANGUNAN memang tokcer bisa mencapai radius 5 Km. Tapi jika itu di sebuah lingkungan rumah rumah atau lebih parahnya adalah gedung perkantoran, jaraknya jadi cuman 100 meter. PARAH ?? Iya banget. Karena Walky Talky nya cuman 1 watt gak kuat nembus bangunan. Apalagi walky Talkie tidak bisa dipasangin antena luar kecuali dibongkar trus di modiff (repot amat)

2. Pake Handy Talkie (HT) dengan power umumnya 5 watt juga akan kembang kempis juga di jarak 500m - 1 km jika digunakan ground to ground (tanpa antena atas maksudnnya)


Solusi:

1. Pake Handy Talkie , pilih yang power 4 atau 5 watt (jangan HT yang 1,5 Watt ya).

2. Salah satu station menggunakan Antena atas minimal 1 pipa (6 meter), lebih baik dan bagus lagi pakai 2 pipa atau dititipkan di tower internetnya (kalo ada). Dengan salah satau station pake antena atas maka station station lain (entah kantor atau karyawan atau sopir) bisa pake Handy Talkie portable tanpa antena atas. Radius yang bisa ditoleransi dari Station utama adalah minimal 3 km.

3. Lebih bagus lagi 2 kantor sama sama pake antena atas, lebih jernih lagi suaranya.

4. Jika operasionalnya juga melibatkan komunikasi dengan pihak2 yang mobile, maka perlu dibuat adanya "repeater" yang dipasang di atas gedung dengan tinggi 40 meteran atau lebih. Ini radiusnya bisa 1 kota.

Catatan:
- Handy Talkie Portable yang ada dipasaran (power 4 - 5 watt) berkisar harga 600rb ke atas.
- Kalau mau murah menggunakan walky talky itu karce murah per bijinya 200an ribu. Tapi di modif spy bisa dipasang antena atas (WAJIB !!!). Atau cari Walky Talkie yang udah ada batre cas nya.
- Supaya lebih mudah penggunaannya, carilah perangkat yang menggunakan Batere LITIUM. Karena batere litium bisa di cas meski batre belum habis benar.

Mudah-mudahan bisa membantu


reply from mongkipiggy
^^^
mo nambah nanya dikit lg ne boz..


1.asumsi posisi gw sbg kepala didalam ruangan..dgn anak buah gw di outdoor semua..gw beli ST168 RF 5 Watt sepasang trus ank buah yg lain gw kasi motorolla RP.250rb 1.5 W...itu bakal bisa nyambung ga pak(ato butuh repeater)...bwt minimalisir budget...


2.sebenarnya gimana siy konfigurasi kerja Walkie Talkie tsb...maksud gw secara channel ato frekuensi,keamanan dll..


3.kalo gw ga mau repot modif2an antenna,Motorola T5500 uda bgs blom pak??>>...trus kalo misal nanti lain kebutuhan bisa dimodif jg ga yah...


4.recomend bro yg ht /wt pake antenna tu merk apa..harga +- 550rb..??..tokonya dimana yg bagus/....

reply form ojeg_terminal

jawaban dr pertanyaan 1:
Walky Talky bekerja di frek UHF.biar nyambung,HT nya cari yg UHF juga.st168 setahu saya VHF,entah ya kalo keluar jg model UHF.pastikan sama.kalo frek gk sama,gk bakal bisa nyambung antara WT dan HT.kalo ht frek UHF dan WT (sdh pasti WT itu UHF),maka sategi di pertanyaan nomer 1 bs dilaksanakan.

jawaban pertanyaan ke 2:
WT pake sistem chanel.ada yg 20 canel,22 chanel atau yg dikit cuman 16 chanel pun ada.segi keamananmaksudnya ngobrol privat tanpa orang lain nguping?gak bisa.meski ada yg namanya codec,ttp bs di curi dengar.

jawaban pertanyaan ke 3:
model t5500? maap ya,blm pernah liat.tp kalo itu antena kecilnya bs dilepas,brati bisa dipasangin antena luar via kabel RG 58 atau RG 8(yg bagus).kalo antena kecilnya gk bs dicopot,brati harus modif Bongkar kasing.

jawaban pertanyaan 4:
recomended Handy Talkie lebih mahal tp gak direpotkan oleh jangkauan yg terbatas.merk antena?sembarang aja.asal di "match" sesuai referensi yg dipake.penjual antena kebanyakan bs menge "match" antena. Handy talkie dgn harga 550 rb?aduh maap gk tau bos.saya di yogya dan ht disini paling murah 650rb digital.

mudah2 an Membantu

thanks to yadiasd.kromoxs..dll yg telah membantu menjawab pertanyaan saya..^^

=================end==============

masalah ini saya tanyakan karena kebutuhan saya untuk pengembangan pada usaha yang sedang saya jalankan (counter HP) terilhami oleh beberapa counter besar dan mempunyai beberapa cabang yang tidak jauh jaraknya...mereka mengandalkan komunikasinya menggunakan Handy Talkie yg memang dapat digunakan menggantikan alat komunikasi lain yang berbayar....

10 comments:

TerminalPojok said...

Saya mo buat area radio Handy Talky bt di kantor. kira2 punya saran ga ya klo mo bikin dengan buget 400rb per unit plus klo mo bt antene repetear bagus nya gimana... thanks

SIJOE said...

kalo dari tulisan diatas budget agan untuk unit agak kurang mestinya.kisaran 600 ribu keatas lebih baik.
kalo untuk antena repeater harus dipertimbangkan radius dan jangkuan bicara terlebih dahulu.trims

zulkarnaen said...

artikel yg bagus tapi siapa tau ada yg butuh walkie talkie, kebetulan ane jual dikaskus nih cekibrot gan :
www.kaskus.co.id/showthread.php?t=14264619

Anonymous said...

Agan agan.. Permisi numpang tanya donk.

1. Ane baru (terlanjur) beli Walkie Talkie Motorola TLKR T6.
Sebelumnya udh punya Walkie Talkie Motorola T9500 (udh lumayan lama belinya sekitar 4 tahun lalu). Kenapa yah ane udh coba Channel dan Sub Channel nya disamain, tapi antara T6 dan T9500 gak mau connect? Padahal dua-duanya dengan merek yg sama. Justru ane beli T6 tdnya dengan maksud supaya semuanya bisa dipakai barengan.

2. Dimana ya ane bisa modif atau service klo Walkie Talkie ane mau di betulin, modif, dan lain-lain misalnya WT yg ane punya emang bermasalah?

3. Krn ane kurang berpengalaman soal Walkie Talkie. Penasaran apakah kita bisa ubah VHF ke UHF atau demikian sebaliknya cuma supaya bisa nyambung sama Walkie Talkie yg lain?

Terima kasih agan2

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Agan2.. Tolong dibantu donk, cukup frustrasi juga gw kotak katik WT tp gak ngerti2 dan berhasil2

Gw punya Walkie Talkie Motorolla T9500XLR sepasang, dan Walkie Talkie Motorolla TLKR T6 sepasang.

1. Apakah kedua WT tersebut berjalan di frekuensi yg berbeda? Krn gw udh samain Channel dan Sub channel nya, ttp aja mereka gak nyambung.

2. Klo memang kedua WT tersebut bekerja di 2 frekuensi yg berbeda, apakah ada cara utk menyamakan frekuensi kedua pasang WT gw?

Krn setelah gw baca2 blog ini, asumsi gw yang dimana mereka sama-sama Walkie Talkie dan Merek nya juga sama, mestinya mereka bisa connect kan..?

Thanks banget gan klo bisa bantu

Ratna said...

Mo nanya nich gan klo nyamain frekwensi ht sm wt,.g mn ya gan,.klo wt di canel 5,.untuk bs nyambung ke ht frekwensi nya brapa yaaa

slimjim said...

20 Oktober 2015.

Valentius, silakan mampir ke tukang servis HP yang punya frekuensi counter. Ntar minta tolong dicek frekuensi (Walkie Talkie Motorolla T9500XLR chanel 1) dan frekuensi (Walkie Talkie Motorolla TLKR T6 chanel 1) sama atau nggak.

Unknown said...

Om untuk perawatan ht,saya mau tanya nih kalo misalkan beres pemakaian itu apakah si antena sama batrainya harus di copot/dilepas terpisah, apa tidak?

Unknown said...

Om untuk perawatan ht,saya mau tanya nih kalo misalkan beres pemakaian itu apakah si antena sama batrainya harus di copot/dilepas terpisah, apa tidak?