Handphone biasa dijadikan Blackberry ?..kenapa tidak !..

Teman -teman mungkin bertanya, kenapa Blackberry bisa mendunia dan menjadi gadget terlaris sepanjang sejarah sampai sekarang hampir dikalahkan oleh si robot hijau, android besutan Google inc?? Terlepas dari pertimbangan prestise, pengen dianggap gaul ato biar bs ber-BBM-an, Blackberry tidak hanya menawarkan sebuah smartphone, namun dukungan jaringan internet yg membuat email, facebook, twitter, BBM, YM, Gtalk, wheater dan bahkan berita bisa ter-push lgsg ke blackberry, tanpa adanya jeda waktu yg berarti.


makanya ada istilah BIS (blackberry internet service) dan BES (blackberry enterprise server), yang merupakan layanan dari RIM melalui operator ponsel khusus untuk blackberry. So, kalo ada orang ber-BB tp BIS ato BES nya gak aktif, suruh buang aja tuh BBnya.



Mungkin gak Smartphone selain BB bisa difungsikan layaknya Blackberry?

Jawabannya bisa, tinggal sedikit modifikasi, sebuah ponsel dg OS symbian, Windows Mobile ato UIQ kita bisa membuat ponsel tersebut berfungsi layaknya blackberry, sekalipun masih banyak keterbatasan, tapi setidaknya itu sudah cukup buat untuk ber-blackberry seperti saya ini. Dalam tulisan ini, saya akan memaparkan trik bagi pengguna Nokia seri E, seri N dan dapat diaplikasikan pada sebagian besar ponsel dengan OS Symbian S60 keatas.



1st, unlimited internet

Internet yg unlimited, itulah kelebihan dari blackberry. Dengan BIS dari operator, sebuah blackberry memiliki koneksi internet tak terbatas, mulai dari browsing, chatting sampek download meski tanpa video/ausdio streaming. Kira-kira operator mana ya yg menyediakan internet unlimited dg harga murah?? Hummm.. ada koq. Jawabannay adalah Three, operator yg diikoni oleh si seksi agnes monica ini menyediakan paket internet unlimited mulai dari harga 35rb sampai ratusan ribu perbulan. Karena hanya untuk ponsel, maka kita hanya membutuhkan quota kecepatan yg minimal saja.

Caranya??

“MAU 500MB” kirim ke 234, tentunya setelah pulsa terisi minimal 40rb rupiah. Setelah itu masuk ke setting>connection>access point>3gprs dan ganti settingan GPRS pada ponsel sesuai dg settingan berikut:

Acces Point Name : 3data

Username : 3data

Password : 3data

Setelah semua siap, gunakan 3gprs sebagai koneksi utama pada browser, maka kita dapat browsing sepuasnya di ponsel selama sebulan tanpa kuatir pulsa jeblok. Hahahaa.. 1 masalah sudah terselesaikan, browser kita sekarang sudah layaknya blackberry yg unlimited.



2nd, Push Email

Menerima dan kirim email layaknya SMS, itulah salah satu kelebihan Blackberry. Kita bisa membuat Ponsel biasa punya kemampuan push email, tanpa tidak ada tambahan biaya apapun, meski tiap hari kita berkirim ato menerima email sampai 100x sekalipun, karena paket data yg digunakan untuk email sudah termasuk paket internet unlimited yg dijelaskan pada point  no.1.

Caranya??

Daftar gmail di http://www.gmail.com , setelah mempunyai email di gmail, anggap saja alamatnya user@gmail.com
Setelah itu install Nokia Mail for Exchange di ponsel, masuk ke ovi store, pada kolom pencarian masukkan kata kunci “Nokia Mail for Exchange”, pilih dan ikuti pentunjuk pada OVI STORE. Setelah terinstall mari kita lanjutkan dengan mensetting gmail agar ter-push ke ponsel kita.

Masuk ke Mail for exchange, pilih create new profile. Pada sub-menu connections masukkan parameter berikut :

Exchange server : m.google.com

Secure connection : yes

Access point : 3gprs

Sync while roaming : yes, always

Use default port : yes


Pada sub-menu credentials masukkan parameter berikut :

Username : username yg digunakan pada saat daftar di gmail.com

Password : password yg digunakan pada saat daftar di gmail.com

Domain : gmail.com


Pada sub-menu sync schedule masukkan parameter berikut :

Peak sync schedule : always on

Off-peak sync schedule : always on

Setelah settingan semua selesai, coba anda kirim email ke alamat gmail yg anda daftarkan tadi, dan dalam beberapa detik email sudah masuk ke Ponsel layaknya sms biasa

Karena layanan ini unlimited, maka fungsi email seperti attcahtment bisa berfungsi seperti pada Blackberry, jadi mengirim gambar, file presentasi maupun dokumen bisa dilakukan cukup dari ponsel anda.




3rd, unlimited chat and social network

Meskipun chatting via blackberry messenger merupakan sesuatu yg hampir mustahil dilakukan oleh selain pengguna blackberry, tetapi masih ada layanan chat lain yg setidaknya bisa menggantikan fungsi BBM, salah satunya adalah gtalk, layanan chatting oleh google yg sudah terintegrasi dengan akun gmail kita. Caranya??

Masuk ke ovi store pada ponsel, pada kolom pencarian masukkan kata kunci “fring”, setelah ketemu lakukan langkah instalasi sesuai petunjuk pada ovi store. Buka fring, daftar dan subscribe Gtalk, isi username dg username Gmail dengan password sesuai dg akun gmail. Dan kita sudah bisa chatting melalui gtalk lewat fring.

Fring tidak hanya support Gtalk, tp juga yahoo messenger, so kalo kalian punya akun Yahoo bisa langsung chatting dg pengguna yahoo yg lain melalui fring, cukup subscribe ke yahoo messenger.



From now, berbagi literatur buat tutorial, mengumumkan jarkom ato iseng-iseng ngirim foto teman bisa dilakukan cukup dari ponsel, gak perlu blackberry.

No comments: