10 sikap orangtua yang dapat meningkatkan kecerdasan anak

Anak adalah pribadi yang masih mudah terbentuk apakah akan menjadi pribadi yang baik atau malah sebaliknya .dan sebagian besar faktor utama adalah dari orangtuanya sendiri,daya serap 5 indera manusia memungkinkan kecerdasan anak bertambah dan tugas kita sebagai orangtua untuk melatihnya.
Beberapa hal dibawah dapat dilakukan sebagai latihan:




1.Jagalah komunikasi
Istilah komunikasi ada segalanya adalah benar adanya.dengan berkomunikasi seorang anak mendapatkan banyak infomasi yang menambah pengetahuan,sikap orangtua yang dekat dengan anak menjadikan proses “belajar” berjalan dengan baik
2.Ulang dan ulang lagi
Seorang anak biasanya selalu mengulang pertanyaan yang pernah ditanyakan. Itu adalah hal yang natural jadi sikap kita sebagai orangtua harus sabar.dan jangan menjawab dengan kasar.mengulang kembali jawaban membuat anak cepat mengingat sesuatu hal.
3.Lakukan selalu variasi gerakan
Membimbing seorang anak agar selalu “bergerak” atau bermain dapat dilakukan dengan mengajaknya ketaman bermain atau pantai.dimana dia dapat melakukan aktifitas seperti memanjat atau bermain pasir,
4.Ajak anak mendengarkan atau bermain music
Bermain dan mendengarkan music dapat meningkatkan rasa peka anak terhadap lingkungan sekitar yang tentu saja bermanfaat dalam meningkatkan kecerdasan social,musik yang lembut seperti music klasik adalah pilihan yang baik .
5.Berolahraga
Dengan berolahraga secara rutin,segala macam penyakit dapat dihindari,ajaklah anak-anak anda berolahraga dari mulai yang ringan seperti berjalan kaki dipagi hari atau bersepeda.hal ini dapat menjaga kebugaran seorang anak.
6.Menebak bentuk dan bau
Tutup mata anak anda dan berikan dia sebuah barang yang berbentuk kotak,segitiga atau yang lainnya,Demikan juga dengan menebak bau,berikan anak barang2 yang berbau seperti sabun,bawang dll,hal tersebut dapat merangsang kepekaan indera peraba dan penciuman anak.yang otomatis bertujuan meningkatkan kecerdasan anak.
7.Berikan Gizi yang baik dan seimbang
Masa anak-anak adalah saat pembentukan antibodi yang sehat,jadi berikan selalu makanan sehat seperti susu dan sayur-sayuran yang bervariasi untuk meningkatkan gizi dan kesehatan anak.
8.Tebak warna
Tanyakan pada anak warna-warna yang berada disekitar kita atau dari buku-buku bergambar,hal tersebut meningkatkan ketertarikan anak bahwa belajar adalah sesuatu hal yang menyenangkan.
9.Bacakan cerita untuk anak.
Mebacakan cerita sebelum tidur adalah hal yang dapat anda lakukan untuk merangsang daya imajinasi sang anak.kebiasaan mendengarkan atau kembali menceritakan merupakan aktivitas yang dapat meningkatkan kecerdasan dirinya.
10.Bernyanyi.
Ajarkan anak-anak untuk bernyanyi lagu-lagu anak yang mengandung inspirasi kebaikan.

No comments: