Perbedaan Walkie Talkie dengan Handy Talkie

 
walkie talkie itu jangkauan bicaranya lebih pendek daripada Handy talkie..begitu pendapat saya pada awalnya ketika ada pertanyaan tentang perbedaan kedua alat komunikasi bergerak tersebut,namun ada pernyataan yg lebih kuat tentang perbedaan kedua gadget tersebut, yaitu :

Walkie talkie berbeda dengan handie talkie (HT). Walaupun keduanya mengacu prinsip yang sama mengenai radio dua arah, tetapi keduanya memiliki perbedaan. Handie talkie memerlukan izin untuk menggunakannya, sedangkan walkie talkie tidak memerlukannya. Handie talkie memiliki range frekuensi yang lebih besar dan bebas dibandingkan dengan walkie talkie. Dalam definisinya, Handie talkie merupakan alat komunikasi dua arah yang tidak menggunakan kabel. Pada awalnya jarak yang dapat ditempuh oleh alat ini hanya sejauh 2 mil, belakangan ini handie talkie dapat mencakup hingga jarak 12 mil.





Era walkie Talky sudah habis. Dijaman ini, mencari walkie talky bak akan menemukan fosil Brontosaurus dihalaman depan rumah. Walkie talkie sudah bukan jamannya lagi, dan sekarang masuk gantinya apa yg dikenal sebagai radio komunikasi (rakom) bernama FRS atau GMRS. Fungsinya sama dengan walkie talky versi baru, alat ini adalah alat bantu untuk berbicara jarak jauh memakai transmisi radio, bentuknya kecil sehingga bisa digenggam ditangan. Secara sekilas, memang sama dengan HT, tapi fungsinya lebih sederhana.
FRS adalah kependekan dari Family Radio Service, dan GMRS berarti General Mobile Radio Service. Ini semacam radio komunikasi antar penduduk. Jaman dulu dikenal dengan nama Citizen Band, maka FRS-GMRS sebetulnya juga mengadopsi konsep radio antar penduduk itu dalam versi murahnya karena daya pancarnya lemah dan fungsi fiturnya tidak banyak amat dalam unitnya.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Thanks for the information. Simple enough, but just trigger me to see radio communication system from a new perspective